Sukses

Prestasi Calon Paskibraka 2017 Kepri di Tingkat Internasional

Liputan6.com, Jakarta Banyak prestasi telah diraih calon Paskibraka 2017 perwakilan Kepulauan Riau ini. Gian Ramadhan Manggala Putra, siswa SMA Negeri 20 Kota Batam, sudah mengikuti pertandingan kejuaraan cabang olahraga bela diri skala nasional sampai internasional.

Menurut Gian, didikan menjadi seorang juara dia dapatkan dari sang ayah yang seorang anggota Polri di Kesatuan Polda Kepulauan Riau. Gian sudah diajarkan ilmu beladiri Judo oleh ayahnya sejak umur empat tahun.

Pada umur delapan tahun, Gian mulai bertanding pada kejuaraan sirkuit pelajar tingkat SD, SMP, SMA di Tangerang, Banten. Ia berhasil keluar sebagai juara III kelas +53 kilogram.

"Saya pernah menjadi juara di kejuaraan sirkuit se-Jawa Barat dan menjadi juara III kelas +72 kilogram. Kemudian juara II kelas -81 kilogram Porprov 2014 di tingkat senior," kata Gian membeberkan sejumlah prestasi yang telah dia raih kepada Diary Paskibraka Liputan6.com, Minggu (30/7/2017)

Satu tahun kemudian dua kejuaraan tingkat nasional pun kembali dilakoni. Tahun 2015 Gian menjadi juara III pada ajang Kejuaraan Nasional Kartika Cup kelas +73 kilogram. Lalu menjadi juara III kelas +81 kilogram senior pada Kejuaraan Nasional Kapolri Cup.

Tahun lalu, calon Paskibraka 2017 pemilik tinggi 173 cm dan berat 70 kilogram ini dikirim mewakili Indonesia mengikuti pertandingan kejuaraan Children of Asia International Sport Games di Yakutsk, Rusia, untuk cabang olahraga beladiri Sambo.

Olahraga beladiri Sambo, terang Gian, adalah olahraga pasukan khusus militer Rusia yang sekarang berkembang menjadi cabang olahraga dunia yang dipertandingkan.

"Jadi, sambo punya dua jenis kategori bentuk pertandingan. Ada kategori sport sambo yang pertandingannya mirip dengan Judo, kemudian ada Combat sambo, bentuknya masih sama seperti Judo tapi diperbolehkan menggunakan pukulan dan tendangan," jelas Gian.

Saat itu Indonesia mengirimkan dua wakil terbaiknya. Gian dari Kepulauan Riau dan Dimas Wiradinata dari DKI Jakarta. Satu hal yang paling Gian ingat dan tak akan dia lupakan sampai saat ini adalah, dia langsung berhadapan dengan tim tuan rumah pada kategori Sport Sambo kelas +78 kilogram.

Calon Paskibraka 2017 ini pun berharap, bisa menjadi juara dunia dan olimpiade seperti idolanya Teddy Riner. Atlet Judol asal Prancis yang menjadi juara dunia delapan kali dan menjadi juara olimpiade dua kali berturut-turut.

Simak video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Takut Pesawat, Calon Paskibraka 2017 Jateng Tetap Mau Jadi Pilot
Artikel Selanjutnya
Motivasi Anak Petani Sultra Ikut Seleksi Paskibraka 2017