Sukses

Belasan Tahun Perumahan Elit di Karawaci Tak Punya Pengurus RT/RW

Selama hampir 17 tahun, identitas warga di perumahan tersebut, baik eKTP, SIM, ataupun identitas resmi lainnya tertulis RT 00 dan RW 00.

Liputan6.com, Tangerang - Keberadaan pengurus RT/RW di tiap permukiman selalu dianggap penting. Namun, lain halnya dengan di perumahan elite Taman Ubud Lippo Karawaci, Curug kabupaten Tangerang, yang selama belasan tahun sejak berdirinya perumahan tersebut, pengurus RT/RW baru terbentuk sekarang.

Bahkan, selama hampir 17 tahun, identitas warga di perumahan tersebut, baik e-KTP, SIM, ataupun identitas resmi lainnya tertulis RT 00 dan RW 00. "Itu karena dari awal berdirinya perumahan ini tidak ada pengurus RT dan RW-nya," kata Masitoh, Lurah Binong Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu 29 Juli 2017.

Kemudian Masitoh berinisiatif untuk berkomunikasi dengan paguyuban warga Cluster Taman Ubud atas pentingnya memiliki pengurus RT dan RW. Bukan hanya untuk kepentingan identitas diri, melainkan juga untuk keperluan data kependudukan.

Bahkan, Masitoh sempat menekankan bila belum memilih pengurus RT dan RW di tahun ini, Pemda setempat tak akan memberikan pelayanan kependudukan. "Kalau masih tertulis di kartu identitas RT 00 dan RW 00, mohon maaf kami tidak bisa memberikan pelayanan administrasi untuk akte kelahiran, akte kematian dan sebagainya," ujar dia.

Bukan tanpa alasan Masitoh tegas seperti itu. Dia mengaku, pembentukan RW merujuk pada Permendagri Nomor 5/2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan. Setelah mendapat penjelasan, warga yang tergolong berpenghasilan menengah ke atas itu pun setuju dengan pembentukan struktur RT dan RW di permukiman tersebut.

Langkah selanjutnya, Masitoh kemudian berkomunikasi dengan pihak Town Manajement Development (TMD) selaku pengelola kawasan permukiman tersebut. "Setelah dilakukan serangkaian dialog, pihak TMD pun menyetujui," lanjut dia.

Akhirnya, kini telah resmi ada 3 RW dan 34 RT yang dibentuk di cluster elite tersebut. Adapun RW 20, 21 dan 22 dengan jumlah penduduk kurang lebih 8.000 orang.

Tampak hadir dalam momen tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang Uyung Mulyardi, Camat Curug Rahyuni, anggota DPRD Banten Muhamad Faizal dan Perwakilan dari TMD Lippo Village Simon Subiyanto.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.