Sukses

KRL Manggarai- Cikarang Mulai Beroperasi September

KRL ini nantinya akan melewati Stasiun Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, hingga Cikarang.

Liputan6.com, Bekasi - Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Manggarai (Jakarta) menuju Stasiun Cikarang, Bekasi pada September 2017 mendatang.

Kepastian tersebut didapat setelah uji coba pengoperasian kereta tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. 

"Ini tentunya sudah dilakukan uji coba perjalanan pada Jumat, 28 Juli lalu dan tidak ada kendala apapun," ujar Direktur Prasarana Perkeretaapian Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri di Kabupaten Bekasi, Sabtu, 29 Juli 2017.

Menurut dia, dalam uji coba itu juga dilakukan pengecekan arus listrik dapat mengalir secara teratur. KRL ini nantinya akan melewati Stasiun Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, hingga Stasiun Cikarang, sehingga pemantauan dan pengecekan arus listrik harus dilakukan secara lebih mendetail. 

"Ini dikarenakan agar saat berjalan dengan membawa penumpang ke arah Cikarang, KRL tidak ada kendala dari arus listrik," kata Zulfikri.

Selain itu, dalam uji coba juga melakukan pengecekan gardu tentang bagaimana kestabilan dari arus untuk KRL. Ini berarti pengecekan power suplai harus dilakukan oleh petugas khusus yang tahu tentang kelistrikan setiap bulannya.

"Sebagaimana mestinya, bila tidak dilakukan pengecekan maka akan berakibat fatal, bahkan bisa jadi penyebab utama terjadinya kecelakaan dan mengganggu jam kereta lainnya," kata Zulfikri seperti dilansir dari Antara.

Dia menambahkan dalam uji coba itu tidak menemukan adanya kendala. Namun akan tetap dilakukan pemantauan agar gardu dan arus listrik aliran atas dapat lebih stabil.

"Kestabilan keduanya, perlu dipantau voltasesnya mengingat KRL sangat menggandalkan tenaga listrik," kata dia.

Saksikan video Menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.