Sukses

PKS Siap Koalisi Demokrat dan Gerindra di Pilpres 2019?

Hidayat meminta semua pihak untuk bersabar. Ini lantaran masih banyak ujian yang harus dilalui.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menilai positif pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Prabowo. Diharapkan pertemuan semacam itu akan berlanjut kepada pemimpin parpol yang tergabung dalam koalisi pemerintahan.

Hal itu diungkapkan Hidayat dalam menanggapi pertemuan politik antara Presiden ke-6 SBY dengan Ketua Umum Partai Gerindra. Dalam pertemuan itu, kedua tokoh membahas terkait kondisi politik Tanah Air, terutama pasca disahkannya Rancangan Undang Undang Pemilu.

SBY menyebutkan, ada empat partai yang melakukan aksi walk out saat pembahasan RUU Pemilu di DPR. Fraksi tersebut adalah Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN, dan PKS.

Lantas apakah ini sinyal bahwa ke empat partai tersebut akan berkoalisi dalam Pilpres 2019? Hidayat meminta semua pihak untuk bersabar. Ini lantaran masih banyak ujian yang harus dilalui.

"Tunggu saja karena memang melihat peta perpolitikan di Indonesia, ada polarisasi secara alami. Apakah akan koalisi yang lebih luas? Akan ada ujian di 2018, ada Pilkada di banyak tempat. Banyak tempat, PKS koalisi dengan Gerindra dan di tempat lain, PKS koalisi dengan Demokrat, PAN, dan lainnya," jelas Hidayat.

Untuk itu, harap dia, pertemuan tersebut harus dimaknai secara konstruktif. Hal ini penting untuk memberikan fakta politik bahwa kubu-kubu tidak menghadirkan kecemasan, namun memberikan harapan sesuatu yang lebih baik lagi.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.