Sukses

Tata Cara Memasuki Masjid Nabawi di Madinah

Ada 22 pintu dan satu pintu utama di Masjid Nabawi sehingga jemaah harus pandai-pandai mengingat pintu mana yang akan dimasuki.

Liputan6.com, Jakarta Masjid Nabawi menjadi tempat suci kedua yang diburu para jemaah umrah dan haji. Sebab, jemaah mengejar pahala yang besar bila salat di Masjid Nabawi, yakni lebih baik daripada salat di 1.000 masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram.

Seperti halnya memasuki Masjidil Haram, ada banyak hal yang harus diperhatikan jemaah haji agar tidak tersasar. Bahkan, bisa jadi ditegur askar atau tentara setempat.

Pertama, ada 22 pintu dan satu pintu utama di Masjid Nabawi sehingga jamaah harus pandai-pandai mengingat pintu mana yang akan dimasuki. Tujuannya, supaya jamaah tidak tersesat saat akan pulang.

Kedua, simpan sandal dalam plastik. Lain dengan di Masjidil Haram, di Masjid Nabawi banyak disediakan tempat menyimpan sandal, baik di pintu masuk maupun di dalam masjid sekalipun.

"Banyak tempat meletakkan sandal. Begitu juga tempat berwudu, tersedia di banyak lokasi," ungkap Abdul, tenaga musim (temus) asal Pati, Jawa Tengah, di kompleks Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat 28 Juli 2017.

Ketiga, jemaah yang memasuki masjid dilarang membawa tas besar. Tas yang bisa dibawa adalah tas kecil seperti tas pinggang dan selempang. Jika jemaah mengenakan tas besar, maka askar akan menegur dan melarang masuk kecuali mau melepas tas tersebut.

Pengelola masjid juga menyediakan air zamzam di banyak titik di dalam masjid maupun di luar Masjid Nabawi.

"Terutama di sepanjang Pintu Utama atau kita juga bisa mengisi ulang botol untuk dibawa ke hotel. Tempat salat jamaah perempuan di masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW berada di kanan pintu utama," jelas dia.

Selesai beribadah kita bisa berziarah ke makam Rasulullah SAW dan keluarga, para sahabat, dan para mujahid. Makam Rasulullah dan dua sahabatnya, yaitu Abu Bakar dan Umar bin Khattab, ada di dalam kompleks masjid. Sementara, makam keluarga Rasullulah dan puluhan ribu sahabatnya ada di Baqi yang berada di timur masjid.

Ada pula Raudhoh yang merupakan salah satu tempat diijabahnya doa seorang hamba oleh Allah. Di samping ganjaran pahala yang berlipat-lipat, jemaah calon haji juga melaksanakan salat wajib selama 40 waktu tanpa terputus secara berjamaah di tempat tersebut.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.