Sukses

5 Mahasiswa UI Ciptakan Detergen Ramah Lingkungan

Pangiastika Putri, Maulina Cahya, Ilham Maulana, Muhammad Jamaludin, dan Uli Amrina tengah sibuk di laboratorium untuk membuat deterjen.

Liputan6.com,Depok Lima mahasiswa Teknik Kimia Universitas Indonesia berhasil membuat deterjen dengan bahan ramah lingkungan. Selain memiliki kemampuan membersihkan noda lebih baik dari deterjen biasa, karya inovatif ini juga mampu mendegradasi kotoran jika terbawa ke sungai.

Pangiastika Putri, Maulina Cahya, Ilham Maulana, Muhammad Jamaludin, dan Uli Amrina tengah sibuk di laboratorium untuk membuat formula deterjen dengan bahan baku minyak kelapa sawit atau CPO.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Sabtu (29/7/2017), mereka mengolah CPO melalui sejumlah tahap termasuk menggunakan bahan kimia menjadi surfaktan. Kemudian surfaktan toxic dijadikan bahan aktif deterjen setelah ditambah dengan ekstrak jeruk nipis dan ditambahkan nano partikel titania.

Keunggulan deterjan cair konsentrat karya para mahasiswa ini selain mampu menghilangkan kotoran pada kain atau media lain, serta bisa mengurangi polutan jika terbawa ke sungai.

Detergen yang diberi nama Clinchi ini sudah lulus uji dalam hal mencuci kain dan berhasil menghilangkan noda jauh lebih baik dari deterjen biasa. Meski masih dalam tahap pengembangan, karya para mahasiswa ini tengah dirancang untuk diproduksi massal setelah ada perhitungan dari sisi ekonomi.