Sukses

Sampai di Madinah, 2 Calon Jemaah Haji Dilarikan ke Rumah Sakit

Keduanya mengalami gangguan kesehatan setelah menempuh perjalanan selama 9 jam dari Bandara Internasional Kualanamu Medan, ke Madinah.

Liputan6.com, Madinah - Dua calon jemaah haji Kloter 01 Embarkasi Medan dilarikan ke rumah sakit sesampainya di Madinah, Arab Saudi. Keduanya mengalami gangguan kesehatan setelah menempuh perjalanan selama sembilan jam dari Bandara Internasional Kualanamu Medan, Sumatera Utara ke Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Kedua jemaah mendapat perawatan medis lanjutan di rumah sakit setelah menjalani pemeriksaan di klinik bandara.

"Satu jemaah yakni Ny DD, 55, didiagnosa mengalami hipertensi sehingga dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI)," kata Kasubsi KKHI Madinah, Ika Nurfarida Sholeh, Jumat (28/7/2017).

Sedangkan satu jemaah lainnya dilaporkan mengalami diabetes traumatik atau kesadaran yang menurun akibat penyakit tersebut. Dia adalah Ny YM. Yang bersangkutan langsung dirujuk ke Mosat Hospital, Madinah.

Menurut dia, suhu udara yang panas menyebabkan tubuh jemaah asal Indonesia melemah. Saat ini, suhu udara di Madinah berkisar 43-50 derajat Celcius.

Oleh karena itu, dia mengingatkan calon jemaah haji agar menjaga kondisi tubuh selama di tanah suci dengan banyak meminum air. Jika tidak, akan rentan terhadap serangan penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini