Sukses

Gubernur Djarot Takjub Lihat Tanjidor Raksasa di Setu Babakan

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meninjau Kampung Betawi di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meninjau Kampung Betawi di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan. Setu Babakan menjadi lokasi perhelatan Lebaran Betawi 2017 yang akan digelar pada Sabtu 29 Juli hingga Minggu 30 Juli.

Sesampainya di Setu Babakan, Djarot langsung menuju Museum Betawi. Ia pun melihat koleksi-koleksi benda antik yang berada di dalamnya.

Salah satu benda antik yang menarik perhatian Djarot adalah tanjidor raksasa. Ia bahkan sempat merasa terperangah karena kaget masih ada benda kuno seperti tanjidor raksasa hingga sekarang ini.

"Ini alat musik zaman dulu yah, masih ada yah? Bagus, bagus," ujar Djarot di Setu Babakan Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Tak hanya itu, ia juga melihat beragam benda-benda antik mulai dari lukisan para tokoh Betawi hingga alat-alat musik tua. Selain terkesima dengan tanjidor raksasa, Djarot juga terpesona dengan adanya alat mesin jahit, mesin roll film, hingga keris dan golok dari zaman Belanda.

Lebih dari itu, mantan Walikota Blitar ini meminta para pengurus museum untuk mencarikan barang-barang antik khas Betawi seperti piring, sendok, dan gelas dari keramik. Djarot ingin agar barang-barang antik khas Betawi bisa disimpan di museum tersebut.

"Cari piring, gelas dari keramik jaman Betawi dulu, yang berbau Betawi harus ada di sini terus dikasih penjelasan," kata Djarot.

Setelah berkeliling museum, ia lantas menuju ke area panggung utama. Panggung utama tersebut terdiri dari undakan tangga yang di pinggiran dan terdapat kolam di tengahnya.

Pada saat menuju panggung, Djarot menyempatkan diri menyapa warga yang sedang berada di sana. Ia lalu mencoba membuat ornamen kembang kelapa khas Betawi yang sedang dibuat warga. Dengan telaten, pria berkumis itu memelintir ornamen khas Betawi tersebut diajari warga.

"Ini (ornamen kembang kelapa) harusnya dilatih ke anak SD. Ini melatih kesabaran, ketelatenan, supaya jadi sabar kan," jelas Djarot.

Setelah itu, dia melanjutkan berkeliling ke anjungan-anjungan mini DKI Jakarta. Djarot mengecek kesiapan dekorasi di tempat tersebut. Sesekali ia juga menyapa warga yang sedang mendekorasi atau menata anjungan Kampung Betawi.

Kehadiran Djarot tersebut didampingi Asisten Pemerintahan Bambang Sugiyono, Kepala BKD DKI Jakarta Agus Suradika, dan Wali Kota Jakarta Selatan Selatan Tri Kurniadi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.