Sukses

Demonstran Aksi 28 Juli Datangi Istiqlal, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Sejumlah massa mengikuti Aksi Damai 287 untuk menentang Perppu Ormas.

Liputan6SCTV, Jakarta - Beberapa jam sebelum masuk waktu salat Jumat, sejumlah demonstran telah berdatangan di Kompleks Masjid Istiqlal. Mereka akan mengikuti aksi damai menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang ormas, lalu berbaur dengan warga yang hendak menunaikan ibadah salat Jumat.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Jumat (28/7), tak hanya kaum pria, kaum wanita-pun turut ambil bagian dalam aksi yang rencananya digelar seusai salat Jumat. Mereka membagikan konsumsi gratis, di salah satu sudut kompleks Istiqlal.

Menyikapi aksi kali ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan agar keberatan atas kebijakan penerapan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang ormas, yang menjadi pegangan pemerintah untuk membubarkan ormas, disalurkan melalui mekanisme hukum yang berlaku.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas di sekitar objek vital, untuk antisipasi aksi massa turun ke jalan. Terutama di sepanjang rute dari titik kumpul Masjid Istiqlal hingga Istana Negara.

Akses menuju kompleks Istana Negara, yaitu Jalan Medan Merdeka Utara, dan Medan Merdeka Barat, dialihkan ke sejumlah rute alternatif. Untuk menghindari penumpukan kendaraan, rencana rekayasa arus lalu lintas juga diberlakukan di ruas jalan yang menuju Masjid Istiqlal dan Istana Negara.