Merapi Erupsi Lagi

  • Liputan Pilihan
  • 0
  • 29 Okt 2010 06:36

101029alava-baru.jpg
Liputan6.com, Yogyakarta: Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Jumat (29/10) pagi. Erupsi terjadi sekitar pukul 06.10 WIB dan berlangsung selama 2,5 menit. Demikian informasi yang disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Erupsi yang terjadi pagi ini berupa guguran awan panas. Kemungkinan besar awan panas mengarah ke arah selatan.

Panjang guguran diperkirakan tiga sampai 3,5  kilometer ke arah Sungai Gendol. Saat ini kondisi gunung sebagian masih tertutup kabut.

Sebelumnya, reporter SCTV Raymond Kurniawan melaporkan, sejak semalam intensitas Merapi terus meningkat. Bahkan, titik api terlihat hingga pukul 03.00 dini hari, sekaligus mengeluarkan awan panas.

Diprediksi akan terbentuk sebuah kubah baru akibat adanya semburan titik api. Kubah baru akan menggantikan kubah lama atau tapal kuda. Jika kubah terbentuk, akan berbahaya bagi warga Magelang atau yang berada di sebelah selatan Merapi.

Adanya semburan titik api membuat para pengungsi khawatir. Mereka khawatir dampak dari semburan api sampai ke lokasi pengungsian. Ini membuat sejumlah pengungsi tidak tidur dan memilih berbincang-bincang khawatir terjadi kemungkinan terburuk.(JUM/ULF)


Terpopuler