Sukses

Ini Cara Pembina Hilangkan Rasa Rindu Calon Paskibraka 2017

Liputan6.com, Jakarta - Homesick atau rindu suasana rumah kerap kali melanda setiap orang yang bepergian dalam waktu lama, terutama bagi mereka yang baru pertama kali berada jauh dari keluarga. Tak terkecuali calon Paskibraka Nasional 2017, yang baru saja berpisah dengan kedua orangtuanya.

Untuk menghilangkan rasa rindu yang sering melanda calon Paskibraka 2017, pembina pun berinisiatif membuat ruang konsultasi. Ini merupakan terobosan baru yang dibuat oleh pembina Paskibraka Nasional.

Pembina calon Paskibraka Nasional 2017 Tri Sugiarti mengatakan, ruang konsultasi ini dibuat untuk melihat pengalaman Paskibraka pada tahun sebelumnya yang terganggu secara fisik dan mentalnya.

"Ini baru dibuat di tahun ini. Karena mendengar cerita dari adik-adik banyak yang merasakan terganggu secara fisik. Maksudnya itu stres karena kangen kepada orangtua. Makanya dibuat seperti ini," kata Tri kepada Liputan6.com di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur, Kamis 27 Juli 2017.

Selain itu, calon Paskibraka Nasional juga dapat menceritakan masalah apa pun kepada pembina, seperti masalah saat mengikuti pelatihan, masalah berkomunikasi, dan lainnya.

"Ya apa pun bisa mereka ceritakan. Tapi biasanya yang sering diceritakan oleh mereka itu adalah homesick, sulit menyesuaikan diri dengan Paskibraka lain," terang Tri.

Adiwijaya Rahmat, calon Paskibraka Nasional 2017 asal Sulawesi Barat mengaku sangat tertarik dengan adanya ruang konsultasi tersebut. Dia pun berencana akan berkonsultasi dengan pembina, untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara dengan pelatih.

"Iya, rencana mau datang. Soalnya mau cerita minta tips untuk menghilangkan rasa takut dan gugup saat latihan dan berbicara," tutur siswa SMAN 1 Budong-Budong, Mamuju, Sulawesi Barat ini.

Begitupun dengan Lafinia Annisa, calon Pakibraka Nasional asal Provinsi Riau. Dia juga ingin berkonsultasi tentang solusi menghilangkan homesick kepada pembina.

"Pengen nanya-nanya tentang solusi biar tidak homesick dan tidak gugup," tandas siswi SMAN 1 Pekanbaru ini.


Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Tangis Paskibraka 2017 Maluku untuk Pembina
Artikel Selanjutnya
Kala Anggota Paskibraka 2017 Menari dalam Ajang Apel Kebangsaan