Sukses

Bertemu Partai Demokrat Liberal Jepang, Ini yang Dibicarakan JK

JK menemui perwakilan Liberal Demokratic Party (Partai Demokrat Liberal) Jepang Motegi Toshimitsu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menemui perwakilan Liberal Demokratic Party (Partai Demokrat Liberal) Jepang Motegi Toshimitsu.

Dalam pertemuannya, JK menuturkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang telah terjalin sejak lama. Kerja sama bilateral di bidang maritim terus didorong untuk meningkatkan keterhubungan antarpulau di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia sedang berupaya meningkatkan keterhubungan antarpulau," Tutur JK di Jakarta, Kamis 27 Juli 2017.

Masalah lain juga disinggung, salah satunya isu Korea Utara. Dia mengungkapkan rasa prihatin masalah Semenjung Korea yang memiliki potensi konflik. Dirinya berharap agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan damai.

"Indonesia turut prihatin dengan potensi konflik di Semenanjung Korea dan mengharapkan isu Semenanjung Korea dapat diselesaikan melalui dialog," kata JK.

Sementara itu, permasalahan Laut China Selatan, JK menyakini Tiongkok akan tetap menjaga stabilitas di kawasan laut tersebut demo menjaga keamanan jalur perdagangannya.

"Di ASEAN, Indonesia selalu menekankan pentingnya mengedepankan hukum internasional (seperti UNCLOS), sehingga dapat tercipta ketertiban dan keamanan di kawasan," ungkap JK.

Sementara, Motegi Toshimitsu berharap kunjungannya dapat meningkatkan kemitraan strategis kedua negara.

"Jepang ingin membantu pembangunan infrastruktur Indonesia, khususnya di sektor kelistrikan dan transportasi," ujar Ketua Dewan Riset Kebijakan LDP ini.

Motegi juga meminta agar bisa meneruskan kerja sama di bidang maritim.

"Jepang ingin meningkatkan kerja sama di bidang maritim, khususnya melalui Forum Maritim bilateral yang telah dibentuk pada 2016," ujar Motegi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.