Sukses

Alasan Polisi Biarkan Penerobos JLNT Casablanca Lolos Razia

Video razia penerobos Jalan Layang Non-Tol Kampung Melayu - Tanah Abang atau JLNT Casablanca viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Video razia penerobos Jalan Layang Non-Tol Kampung Melayu - Tanah Abang atau JLNT Casablanca viral di media sosial. Pada video tersebut, beberapa petugas meloloskan pengendara sepeda motor yang nyata-nyata melanggar aturan dengan menerobos JLNT itu.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengaku telah mengimbau kepada anggotanya di lapangan agar mengutamakan keselamatan. Penindakan di lapangan sebisa mungkin tidak menimbulkan kecelakaan.

"Saya sampaikan ke anggota saya di lapangan, jangan terlalu keras sehingga terjadi kecelakaan. Kalau ada yang lolos biarkan, jangan dikejar karena itu pelanggar lalu lintas, untuk mengindari kecelakaan," ujar Halim saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Namun begitu, Halim berjanji memintai keterangan anggotanya yang ada di lapangan terkait video viral tersebut. Halim belum bisa memastikan pelanggar yang lolos dari razia tersebut merupakan oknum anggota Polri.

"Kan pengendara itu pakai helm, kita belum tahu anggota atau tidak. Takutnya kalau nanti dihentikan akan terjadi kecelakaan," kata dia.

Dia juga menegaskan, larangan sepeda motor melintas di JLNT Casablanca dan sejumlah jalur khusus lainnya berlaku bagi masyarakat umum, tak terkecuali anggota kepolisian. Pihaknya akan menindak oknum anggota yang terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Bisa (dikenai sanksi bagi anggota yang melanggar). Tapi kita tanya dulu alasannya kenapa. Nanti kalau pelanggarannya ringan, kita kenakan sanksi teguran," jelas Halim.

Beredar luas di media sosial Instagram, video yang memperlihatkan sejumlah polisi yang melakukan razia di JLNT Casablanca meloloskan seorang pengendara motor gede. Padahal beberapa polisi sempat mengadang pengendara motor Kawasaki Ninja 250 FI tersebut.

Pengendara motor tersebut sempat memperlambat laju kendaraannya saat diadang petugas polisi lalu lintas. Dia kemudian memberikan sinyal lampu dim atau lampu jarak jauh beberapa kali, hingga akhirnya para petugas minggir dan meloloskannya.

Belum diketahui secara pasti siapa pelanggar lalu lintas yang lolos razia itu. Dari video tersebut terlihat, sang pengendara mengenakan jaket hitam, celana cokelat dan helm biru.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.