Sukses

Penyelundupan Sabu di Pluit Digagalkan Berkat Informasi Polisi China

Petugas gabungan BNN, Bareskrim Polri, dan bea cukai kembali mengungkap penyelundupan narkoba jenis sabu asal Taiwan.

Patroli, Jakarta - Petugas gabungan BNN, Bareskrim Polri, dan bea cukai kembali mengungkap penyelundupan narkoba jenis sabu asal Taiwan dengan menyita 300 kg sabu di Kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu 26 Juli malam. Sabu diangkut menggunakan mobil boks dari kawasan pelabuhan yang juga turut disita.

Seperti yang ditayangkan Patroli Indosiar Siang, Kamis (27/7/2017), modus yang digunakan sindikat ini, sabu disembunyikan dalam 8 boks mesin poles sepatu. Petugas juga mengamankan tiga pelaku, di antaranya dua warga Indonesia, dan satu warga asal Taiwan. Penyelundupan sabu ini terungkap atas informasi kepolisian China dan setelah satu bulan bekerja keras, upaya petugas gabungan akhirnya membuahkan hasil.

Sabu seberat 300 kg ini diselundupkan pelaku melalui ekspedisi laut. Petugas bertindak tegas dengan menembak mati satu pelaku asal Taiwan karena berusaha lari bahkan melawan petugas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut mendatangi lokasi penggerebekan karena pengungkapan narkoba ini tidak lepas dari kerja anak buahnya di bea cukai. Pengungkapan ini menurutnya telah menyelamatkan 1,5 juta warga Indonesia. Sri Mulyani minta masyarakat berperan aktif, terutama jika ada aktivitas di rumah-rumah kosong yang mencurigakan.

Dengan pengungkapan ini, selama sebulan terakhir petugas telah menggagalkan penyelundupan narkoba dalam jumlah besar. Sebelumnya jajaran Polda Metro Jaya menggagalkan penyelundupan sabu 1 ton di Pantai Anyer, Serang, Banten.