Sukses

Pemerintah Diminta Lakukan Percepatan Wisata Banyuwangi

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tim Kunjungan Spesifik Bidang Pariwisata Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam mengapresiasi kemajuan Banyuwangi dalam mengembangkan pariwisata.

Ia menyatakan akan meminta kepada pemerintah untuk melakukan percepatan pariwisata di Banyuwangi, terutama di pengembangan destinasi alam seperti Kawah Ijen yang sudah menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) seerta, Alas Purwo dan Sukamade tempat wisata yang masuk kawasan Taman Nasional.

"Untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan pariwisata sebagai penyumbang devisa terbesar, maka pemerintah harus melakukan percepatan penataan kawasan wisata. Presiden diharapkan bisa turun tangan," paparnya kepada media usai pertemuan dengan Bupati Banyuwangi di Pendopo Kabipaten Banyuwangi, Sabtu (22/7/2017)

Ia menjelaskan sudah meminta Kementerian Pariwisata untuk membuat academic paper untuk mengkaji ulang Undang-Undang tentang penataan kawasan yang bisa menopang pengembangan wisata.

"Banyuwangi bisa memadukan konsep alam dan budaya yang dimiliki merupakan perpaduan yang tepat untuk wisata," kata anggota dewan dari dapil Jatim V ini.

Sementara itu, Bupati Banyywangi Abdullah Azwar Anas menyatakan senang atas kunjungan Komisi X ke Banyuwangi ini. Ia berharap ini bisa membawa angin segar bagi perkembangan pariwisata daerah.

"DPR adalah mitra pemerintah dan merupakan lembaga strategis untuk mengakselerasi pembangunan, termasuk untuk sektor pariwisata," mantapnya.

Terkait penataan kawasan wisata, lanjut Anas, sebetulnya sudah ada tim percepatan untuk penataan kawasan kluster Bali Barat dan Banyuwangi yang saat ini sudah bekerja. Namun lewat kunjungan Komisi X ini, ia berharap dewan bisa memberikan perspektif bagi tim percepatan.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Pembangunan Infrastruktur Diharapkan Terus Ditingkatkan
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Kembangkan Bandara Banyuwangi