Sukses

Indonesia Dukung Upaya Liga Arab Hentikan Kezaliman Israel

Indonesia mendukung semua upaya positif yang dilakukan Liga Arab untuk menghentikan kesewenang-wenangan Israel terhadap Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden yang terjadi di Masjid Al Aqsa, Palestina pada Jumat 21 Juli 2017 telah menimbulkan keprihatinan banyak pihak, tak terkecuali Pemerintah Indonesia. Karena itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi mendorong Liga Arab untuk menyatukan langkah menyikapi aksi brutal Israel.

Helmy Fauzi melalui nota diplomatiknya kepada Sekjen Liga Arab menyatakan, Pemerintah Indonesia mendukung semua upaya positif yang dilakukan Liga Arab untuk menghentikan kesewenang-wenangan Israel terhadap warga muslim Palestina yang hendak melakukan ibadah di Masjid Al Aqsa.

"Mendorong agar Liga Arab dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI) melakukan langkah-langkah yang lebih tegas di dalam menekan Israel untuk menghentikan segala bentuk kezaliman dan politik diskriminasi Israel terhadap warga Palestina yang telah memakan banyak korban jiwa dan luka-luka," ujar Helmy Fauzi dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Dia meyakini negara-negara anggota Liga Arab dan OKI memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan yang kuat dalam merealisasikan hal itu.

Selain itu, Pemerintah Indonesia optimistis Liga Arab memiliki kemampuan untuk memberikan solusi terbaiknya di dalam penyelesaian krisis yang terjadi di Palestina.

"Pemerintah Indonesia akan selalu mendukung dan senantiasa memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung langkah-langkah yang ditempuh Liga Arab selama langkah tersebut untuk mewujudkan perdamaian timur tengah dan kemerdekaan Palestina," pungkas Helmy Fauzi.

Sebagaimana diketahui, Liga Arab telah memulai pertemuan darurat tingkat Menteri Luar Negeri negara-negara anggota pada Rabu 26 Juli 2017 untuk menyikapi memanasnya situasi di Yerusalem.


Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.