Sukses

Mahasiswa UI Temukan Detergen Ramah Lingkungan

Detergen bermerek Clinchi ini berbahan minyak sawit dan mampu mendegradasi kotoran atau polutan yang ada di sungai.

Liputan6.com, Depok - Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI) menciptakan terobosan dalam produk rumah tangga yakni detergen ramah lingkungan. Mereka adalah Pangiastika Putri, Maulina Cahya, Ilham Maulana, Muhammad Jamaludin, dan Uli Amrina.

Kelima mahasiswa UI membuat detergen cair berasal dari kelapa sawit dan nanopartikel tintania. Detergen bermerek Clinchi ini diklaim ramah lingkungan dan berbeda dengan produk lain di pasaran.

"Detergen dibuat dari bahan dasar alam, yaitu minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO), kemudian diolah menggunakan bahan kimia tertentu sehingga menjadi Surfaktan MES. Sedangkan detergen lain menggunakan bahan Surfaktan toxic," ucap Pangiastika ditemui di kampus UI, Depok, Rabu 26 Juli 2017.

Pangiastika menjelaskan, pemanfaatan Surfaktan MES tidak mengancam stabilitas lingkungan hidup. Kandungan lain yang terdapat dalam detergen Clinchi adalah nanopartikel Tintania. Kandungannya mampu mendegradasi kotoran atau polutan yang ada di sungai dengan bantuan sinar matahari.

"Akan mendegradasi polutan yang ada di perairan jika terbawa ke sungai. Contohnya mendegradasi Surfaktan dari detergen lain," ujar dia.

Dia menjelaskan, detergen Clinchi baru sekadar penelitian dan masih dalam tahap pengembangan. Karena itulah, detergen ramah lingkungan ini belum diproduksi secara massal.

"Masih butuh proses perhitungan ekonomi secara lanjut, karena untuk skala lab dan industri berbeda," Pangiastika menandaskan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.