Sukses

Milad ke-42, MUI Integrasikan Nilai Agama dan Kebangsaan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memasuki usia ke-42.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memasuki usia ke-42. Lembaga yang lahir 26 Juli 1975 ini pun telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan sejak Ramadan lalu.

Ketua MUI Bidang Informasi Masduki Baidlowi menjelaskan, beragam rangkaian acara yang diselenggarakan dalam menyemarakkan milad MUI bertujuan untuk meneguhkan integrasi nilai keagamaan dalam konteks kebangsaan.

"Acara milad dirangkai dengan Anugerah Syiar Ramadhan 2017 selama bulan Ramadan. MUI bersama dengan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) melakukan pengawasan terhadap materi siaran," ujar Masduki di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Dengan adanya kerja sama tersebut, Masduki menyebut lembaga yang dipimpin Ma'ruf Amin ini memberikan apresiasi atas materi siaran yang ada di televisi selama Ramadan lalu.

"MUI memberikan apresiasi atas materi siaran Ramadan yang memiliki nilai religi, edukasi, dan rekreasi secara baik sehingga dapat menjadi tuntunan bagi masyarakat dan mendorong terwujudnya masyarakat yang cerdas, beradab, dan berbudaya. Nilai-nilai keagamaan dapat menjadi kaedah penuntun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," papar dia.

Selain itu, lanjut Masduki, MUI juga menyelenggarakan acara forum group discussion (FGD). "Acara diawali dengan penyelenggaraan FGD tentang arus baru ekonomi syariah, bersama dengan Bank Indonesia, dilaksanakan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI bekerja sama dengan Bank Indonesia, Senin 24 Juli kemarin," tuturnya.

Menurut Maskduki, MUI bahkan mengundang para peneliti dan akademisi untuk dapat mengkaji peran lembaga dakwah Islam ini di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

"Untuk itu, MUI menyelenggarakan kegiatan International Islamic Conference on Fatwa Studies. Acara ini diikuti oleh 150 akademisi yang meneliti tentang fatwa dan perannya dalam kehidupan berbangsa. Kami ingin memperoleh masukan, sekaligus dapat berdiskusi dari berbagai perspektif," Masduki memungkasi.

Pada hari ini, MUI merayakan acara puncak perayaan Milad ke-42 MUI di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, serta Anugerah Syiar Ramadan 2017.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI