Sukses

Kloria, Anak Nelayan Papua yang Lolos Jadi Calon Paskibraka

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, Jakarta merupakan kota impian. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong datang untuk mencari pekerjaan ataupun sekadar liburan di Jakarta. Terlebih, buat mereka yang tinggal di timur Indonesia seperti Papua Barat.

Mereka hanya dapat membayangkan Kota Jakarta sebagai kota sibuk dengan mobilitas masyarakatnya yang begitu tinggi.

Hal ini dirasakan oleh calon Paskibraka Nasional asal Papua Barat, Kloria Marau. Perempuan berambut ikal itu terpilih menjadi wakil Provinsi Papua Barat untuk masuk dalam formasi pasukan pengibar bendera pusaka di peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kloria mengaku, dirinya harus berjuang keras untuk lolos seleksi mewakili daerahnya. Dia harus bersaing dengan ribuan putra-putri asal Papua lainnya untuk bisa sampai ke Jakarta. 

"Padahal ada beribu-ribu orang yang ikut seleksi, kaget pas dengar nama saya yang dipanggil untuk dikirim ke Jakarta," ujar Kloria kepada Liputan6.com di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (26/7/2017).

Dia mengaku, awalnya tidak pernah membayangkan akan lolos seleksi paskibraka tingkat nasional. Apalagi, dirinya hanya seorang anak seorang nelayan. Diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi Paskibraka Nasional saja, sudah sangat disyukuri olehnya. 

"Ayah saya adalah seorang nelayan. Sehari-harinya mencari ikan di laut. Tak pernah terpikir saya bisa ke sini (ke Jakarta)," ucap remaja asal Kabupaten Raja Ampat itu.

Dia pun mengaku cukup berkesan saat pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta. Maklum saja, Jakarta adalah kota yang ingin dia datangi sejak kecil. Kloria pun mengungkapkan rasa takjubnya saat pertama kali menginjakkan kaki di ibu kota.

"Ini pertama kali saya naik pesawat ke Jakarta. Perbedaan Jakarta dan Papua sangat terlihat," ucap dia.

Kloria pun memiliki harapan tersendiri saat terpilih menjadi calon Paskibraka Nasional 2017. Dia sangat mengimpikan dapat menjadi pembawa baki bendera pusaka, menggantikan Nilam Sukma pada Paskibraka Nasional 2016 lalu.

"Dari dulu itu paling senang, untuk bisa menjadi pembawa baki," kata Kloria menandaskan.

Saksikan video Menarik di bawah ini:

Saksikan Live Streaming Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Paskibraka 2017 Ini Diajak Ganti Tali, Calon Tim Pengibar?
Artikel Selanjutnya
Paskibraka dari 3 Daerah Ini Kembali Jadi Tim Pengibar?