Sukses

3 Ekspresi Kebahagiaan Perwira Muda TNI Usai Pelantikan di Istana

Presiden Jokowi melantik 729 perwira muda TNI - Polri di Istana Merdeka, Jakarta. Rasa kebahagiaan pun diluapkan usai acara berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik perwira remaja (Paja) TNI-Polri 2017 dalam upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2017 di Istana Kepresidenan, Selasa, 25 Juli 2017. Dalam acara tersebut, ada 437 calon perwira remaja dari akademi militer yang dilantik.

Mereka terdiri atas 224 orang dari Taruna Akademi Militer, 94 orang dari Taruna Akademi Angkatan Laut, 117 orang dari Taruna Angkatan Udara, serta dua orang dari Taruna National Defence Academy. Sementara dari Taruna Kepolisian berjumlah 292 orang.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa mereka yang dilantik merupakan harapan masa depan TNI dan Polri.

"Saudara-saudara adalah masa depan TNI dan Polri. Di tangan saudara-saudaralah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi institusi, agar TNI-Polri dapat terus mengikuti perkembangan tantangan modern dewasa ini," ujar Jokowi saat menyampaikan amanatnya di Istana Kepresidenan.

Usai acara digelar, para perwira muda itu bertemu orang-orang tercintanya yang hadir dalam acara pelantikan tersebut. Mereka menumpahkan rasa suka citanya. Mulai tangis kebahagiaan hingga sujud di kaki sang ibu.

Berikut sejumlah ekspresi kegembiraan yang ditumpahkan para perwira muda tersebut.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sujud di Kaki Ibu

Ekpresi penghormatan ditunjukkan seorang perwira kepada orangtuanya usai dilantik Jokowi di Istana. Perwira muda yang berkostum putih-putih tampak bersujud di hadapan sang ibu.

Dalam gambar yang terekam, perwira muda dari TNI AL itu bersimpuh di hadapan ibundanya. Kepalanya diletakkan di antara kedua kaki sang ibu.

Sang Ibu yang mengenakan kostum biru dengan kebaya corak kembang itu hanya menunduk. Tangannya memegang punggung sang anak.

Dalam upacara prasetya perwira TNI-Polri ini Presiden Jokowi juga menyematkan anugerah Bintang Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dari masing-masing akademi.

Mereka adalah Wiraswanrill Sagala, taruna lulusan terbaik dari Akademi Militer, Bernardinus Yoga Kristian, taruna lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara, Samsul Huda, taruna lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut, dan Ade Hertiawan, taruna ulusan terbaik Akademi Kepolisian.

Usai dilantik Jokowi, para perwira remaja itu langsung menyandang pangkat letnan dua bagi lulusan Akademi Angkatan Darat, Laut, dan Udara serta inspektur dua bagi lulusan Akademi Kepolisian.

3 dari 4 halaman

Tangis Kebahagiaan

Di depan Istana Merdeka, para perwira muda TNI mengabadikan momen-momen istimewanya. Mereka berfoto bersama dengan orang tercintanya.

Seperti yang dilakukan perwira muda dari TNI AL ini. Ia yang tengah berfoto itu tampak memeluk sang ibunda sambil menumpahkan tangis bahagianya.

Sementara sang ayah yang berada di sisi kanan hanya berdiri termangu. Wajahnya terlihat sendu.

Dalam upacara Prasetya Perwira TNI-Polri ini, Presiden Jokowi juga menyematkan anugerah Bintang Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dari masing-masing akademi.

Mereka adalah Wiraswanrill Sagala, taruna lulusan terbaik dari Akademi Militer, Bernardinus Yoga Kristian, taruna lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara, Samsul Huda, taruna lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut, dan Ade Hertiawan, taruna lulusan terbaik Akademi Kepolisian.

Usai dilantik Jokowi, para perwira remaja itu langsung menyandang pangkat letnan dua bagi lulusan Akademi Angkatan Darat, Laut dan Udara serta inspektur dua bagi lulusan Akademi Kepolisian.

4 dari 4 halaman

Pelukan Kebahagiaan

Tangis dan pelukan kebahagiaan mewarnai suasana pelantikan para perwira muda TNI-Polri di Istana. Mereka tak kuasa menahan haru saat bertemu dengan orang-orang terdekatnya.

Salah satunya perwira muda ini. Wanita yang mengenakan kostum putih-putih itu tampak memeluk erat seorang wanita berkerudung biru muda. Diduga wanita berkerudung dengan kostum biru muda itu diduga merupakan keluarganya.

Tangis sendu terlihat di wajah sang perwira. Dia menumpahkan rasa kebahagiaannya di pundak wanita tersebut.

Dalam upacara prasetya perwira TNI-Polri ini, Presiden Jokowi juga menyematkan anugerah Bintang Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dari masing-masing akademi.

Mereka adalah Wiraswanrill Sagala, taruna lulusan terbaik dari Akademi Militer, Bernardinus Yoga Kristian, taruna lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara, Samsul Huda, taruna lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut, dan Ade Hertiawan, taruna lulusan terbaik Akademi Kepolisian.

Usai dilantik Jokowi, para perwira remaja itu langsung menyandang pangkat letnan dua bagi lulusan Akademi Angkatan Darat, Laut dan Udara serta inspektur dua bagi lulusan Akademi Kepolisian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.