Sukses

Detektor Masjid Al-Aqsa Dicopot, Bagaimana Nasib Warga Palestina?

Meski Israel telah mencabut alat detektor logam di kawasan Al-Aqsa, warga Palestina masih sulit beribadah di masjid tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ketegangan di Jerusalem diharapkan mulai menurun setelah pemerintah Israel memutuskan membongkar detektor logam yang terpasang di pintu pintu masuk Masjid Al-Aqsa.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Rabu (26/7/2017), pasukan Israel membongkar satu per satu alat pendeteksi logam di sejumlah gerbang masuk menuju masjid A-Aqsa.

Pembongkaran tersebut merupakan hasil dari rapat kabinet keamanan Israel yang memutuskan menggunakan teknologi lain, sebagai solusi alternatif untuk pemeriksaan tanpa perlu menggunakan detektor metal. Israel akan menggunakan kamera beresolusi tinggi yang dapat mendeteksi benda-benda tersembunyi.

Meski telah dibongkar, sejumlah warga muslim Jerusalem masih kurang puas, serta menentang pemasangan kamera pengawas di Masjid Al-Aqsa, karena dianggap mengganggu ibadah.

Selain itu, warga muslim Palestina belum diberi keleluasaan masuk ke dalam masjid, dan kembali menunaikan salat di luar area Masjid Al-Aqsa.

Warga Palestina juga akan tetap menggelar unjuk rasa di sekitar kompleks Haram Al-Sharif sampai situasi Masjid Al-Aqsa kembali normal tanpa intervensi dari Israel.

Sementara, para ulama juga belum memberikan sikap apakah menerima atau menolak kebijakan Israel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.