Sukses

Kapal Cepat Tenggelam di Perairan Tarakan Diduga Kelebihan Penumpang

Tercatat 6 penumpang diduga masih hilang Tarakan hingga Selasa malam.

Liputan6.com, Jakarta - Dari videografer amatir yang menggunakan kamera drone, terlihat dengan jelas detik-detik saat kapal cepat Sumber Rejeki Baru Kharisma, tenggelam. Pada gambar awal terlihat sebuah kapal melaju dari Pelabuhan Tengkayu menuju ke arah Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (26/7/2017), sebelum tenggelam, kapal tampak oleng dan berbelok ke kiri kemudian ke kanan. Bahkan saat gambar video diperjelas, terlihat meski sudah terbalik, kapal terlihat masih terus bergerak karena mesin kapal masih aktif.

Evakuasi korban penumpang kapal cepat Sumber Rejeki yang diangkut dengan speed boat ke Pelabuhan Tengkayu, Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa petang (26/7/2017), sempat menegangkan.

Korban selamat yang baru tiba di darat langsung dinaikkan ke ambulans untuk pertolongan pertama, sebelum dilarikan ke rumah sakit. Para korban adalah bagian dari 40 penumpang kapal cepat Sumber Rejeki Baru Kharisma yang selamat.

Kapal cepat berpenumpang 52 orang serta tiga ABK ini, tenggelam saat baru 10 menit meninggalkan Pelabuhan Tengkayu Tarakan, Kalimantan Utara, menuju tanjung selor, Kalimantan Timur.

Semua korban, baik yang meninggal dunia maupun selamat langsung dibawa ke RSUD Tarakan.

Diduga, kapal tenggelam karena kelebihan muatan. Kapasitas kapal cepat Sumber Rejeki ini biasanya 38 orang, namun sebelum tenggelam, penumpangnya 50 orang ditambah 3 orang ABK. Menurut seorang penumpang yang selamat, sebelum tenggelam kapal sempat oleng.

Kapolres Tarakan AKBP Deary Stone Supit menjelaskan, pihaknya tengah menyelidiki penyebab kapal tenggelam.

Hingga Selasa malam, 6 penumpang diduga masih hilang tenggelam di perairan Tarakan, Kalimantan Utara. Tim SAR gabungan masih mencari 6 penumpang yang diduga masih hilang.