Sukses

Underpass Stasiun Tebet Beroperasi, Tapi Tidak untuk Kaum Difabel

Underpass Stasiun Tebet belum ramah untuk ibu hamil dan kaum difabel.

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, mulai mengoperasikan underpass tempat penyeberangan orang antarperon. Direktur Utama PT KAI Commuter Line Jabodetabek (KCJ) Muhammad Nurul Fadhilah mengakui ada kekurangan yaitu belum memadainya fasilitas bagi penumpang ibu hamil, orang tua, difabel, dan yang berkebutuhan khusus lainnya.

Ia menjelaskan, hal itu bisa dilihat belum tersedianya eskalator atau lift bagi para penumpang yang berkebutuhan khusus tersebut.

"Jadi memang kami mengakui bahwa underpass kita tidak kita lengkapi dengan eskalator," ujar Fadhil di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2017).

Meski begitu, Fadhil menyebut pihaknya tetap menyiapkan fasilitas khusus bagi para penumpang berkebutuhan khusus tersebut yaitu dengan memberikan akses jalan langsung menyeberangi rel tanpa melewati underpass. Petugas pun disiagakan di pintu khusus tersebut jikalau ada penumpang berkebutuhan khusus yang ingin menyebrang antarperon.

"Jadi sementara ini untuk penumpang kami yang berkebutuhan khusus itu akan dibantu dengan petugas untuk penyeberangannya. Kita punya pintu khusus, jadi mereka tidak dimasukkan lewat underpass," dia memaparkan.

Jadi, lanjut Fadhil, pintu tersebut tetap terkunci tapi akan ada petugas jaga yang siap membantu untuk menyeberangi rel antarperon.

"Dan pintu itu nanti normalnya akan terkunci, jadi tidak bisa semua penumpang misalnya asal menyeberang, karena dia akan minta bantuan petugas," kata dia.

Fadhil pun berjanji, kelengkapan underpass Stasiun Tebet akan bisa selesai sehingga membuat penumpang nyaman.

"Kalau kita lihat progres di Stasiun Tebet ini kurang lebih baru 70 persen selesai, karena kita akan segera mungkin dalam 1 sampai 2 bulan kedepan selesai pembangunan 2 hall in-out, pintu keluar dan masuk Stasiun Tebet," dia menuturkan.

Pantauan Liputan6.com, memang terdapat pintu untuk menyebrang antarperon yang terdapat di peron 2. Pintu tersebut nampak dijaga petugas jika sesekali ada penumpang berkebutuhan khusus yang lewat.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.