Sukses

Jokowi: Guru Pegang Amanah Negara Membentuk Karakter Anak Bangsa

Jiwa yang terisi positif akan menangkal arus perubahan. Di situlah, fungsi guru mengisi jiwa anak bangsa dengan hal positif.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menaruh harapan besar pada guru di Indonesia. Dia menitipkan amanah kepada para guru agar bisa membentuk generasi muda yang berkarakter.

"Pada guru bangsa ini menitipkan amanah, untuk memupuk, memelihara, serta mengembangkan jati diri, membentuk karakter anak didik kita," kata Jokowi pada pembukaan Rakorpimnas PGRI di Sahid Jaya Hotel, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Presiden mengatakan, jiwa anak-anak Indonesia harus diisi dengan berbagai hal positif. Jiwa yang terisi positif akan menangkal arus perubahan yang tak bisa dibendung. Di situlah, fungsi guru mengisi jiwa anak bangsa dengan hal positif.

"Nantinya akan muncul jiwa-jiwa yang mulia, jiwa-jiwa yang penuh integritas, kejujuran, moralitas, penuh akal budi, budi pekerti yang baik," ujar Jokowi.

Pemerintah saat ini memang tengah giat membangun infrastruktur. Tapi, lanjut Kepala Negara, sebagus apa pun infrastruktur tidak akan ada artinya bila tidak dikelola oleh manusia yang berkualitas.

"Kita harus meyakini itu bahwa untuk memenangkan persaingan, kompetisi, tidak ada kata yang lain kecuali mempersiapkan SDM anak-anak kita agar nanti bisa berperan penuh dalam membangun negara ini," ujar Jokowi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • pgri

  • guru