Sukses

Kongres Diaspora Indonesia Raih Rekor MURI

MURI menganugerahi penghargaan kepada Kongres Diaspora sebagai Muktamar Diaspora Indonesia terbesar yang pernah diselenggarakan.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang digelar di Jakarta pada 1-4 Juli 2017 di Jakarta berlangsung sukses. Tak hanya karena kehadiran Presiden ke-44 Amerika Serita Barack Obama dan para diaspora sukses di luar negeri, acara tersebut juga dianggap sukses karena mampu dihadiri 1.200 diaspora Indonesia dari 55 negara. 

Atas pencapaian itu, Museum Rekor Indonesia (MURI) menganugerahi penghargaan kepada penyelenggara Kongres Diaspora sebagai ajang Muktamar Diaspora Indonesia terbesar yang pernah diselenggarakan.

"Dengan peserta 9.000 orang (1.200 merupakan diaspora), Kongres Diaspora Indonesia ke-4 ini menjadi acara yang terbesar sejak diselenggarakan di Los Angeles tahun 2012 lalu.  Ditambah lagi dengan kehadiran mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Acara ini layak masuk rekor MURI," ujar Ketua Umum MURI Jaya Suprana saat acara pemberian rekor MURI di SCTV Tower, Senayan, Jakarta (Jumat (21/7/2017).  

Dalam sambutannya, Jaya mengatakan acara tersebut dapat terselenggara cukup baik berkat peran pendiri dan inisiator Kongres Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal. Karena itu, penghargaan rekor MURI itu diberikan kepada Dino yang mewakili penyelenggara acara.

"Kami atas nama bangsa Indonesia mengucapkan terima kasih, karena tanpa Pak Dino enggak mungkin kami anugerahkan piagam rekor dunia," kata Jaya Suprana.

Jaya berharap, acara Kongres Diaspora yang berlangsung di Mal Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan itu dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia lainnya untuk terus berkarya di kancah internasional.

"Acara ini mempunyai gaung yang besar, banyak warga Indonesia yang sukses di negara lain tampil di acara itu, ini diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia," kata Jaya Suprana.

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Dino Patti Djalal mengaku senang dan bangga atas penghargaan yang dia terima. Dia menilai, acara tersebut dapat terselenggara dengan sukses karena banyaknya dukungan diaspora dari berbagai penjuru dunia yang hadir di acara tersebut.

Dia pun berharap Kongres Diaspora ke-4 ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk berani bersaing di kancah internasional.

"Harapannya masyarakat bisa percaya diri, berprestasi dan bersaing. Orang Indonesia di manapun bisa bersaing. Semoga ke depan makin banyak lagi orang Indonesia yang bisa bertarung di internasional," Dino Patti Djalal menandaskan. 


Saksikan video Menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.