Sukses

Indonesia Usulkan Reevaluasi Lembaga AIPA

Indonesia mengusulkan evaluasi ulang institusi Asean Inter Parliamentary Assembly (AIPA)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia mengusulkan evaluasi ulang institusi Asean Inter Parliamentary Assembly (AIPA) sehingga dapat lebih responsif terhadap aspirasi warga negara ASEAN yang semakin dinamis.

“Inilah saatnya untuk memulai diskusi untuk meninjau, menilai, mengevaluasi ulang institusi AIPA sehingga kita dapat lebih mencerminkan dan merespons aspirasi Warga Negara ASEAN yang dinamis,” ujar Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat menyampaikan sambutan pada Sidang AIPA Caucus ke-9 di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Politisi F-Gerindra itu mengatakan, penyelenggaraan AIPA ke-9 sudah tepat waktu, pasalnya pada tahun ini, ASEAN memperingati 50 tahun berdirinya ASEAN.

“Selain itu, AIPA juga akan menjalani empat dasawarsa perjalanannya tahun ini karena itu, seiring bertambahnya usia AIPA, perlu dilakukan reevaluasi kelembagaan di tubuh AIPA,” imbuhnya.

Fadli menambahkan, Indonesia mengapresiasi kerjasama AIPA dengan lembaga internasional lainnya, termasuk kerjasama yang diselenggarakan oleh AIPA dan ASEAN Wildlife Enforcement Network (ASEAN-WEN) yang meminta pertimbangan terkait regulasi Konvensi Perdagangan International Species Langka (CITES).

“Kami percaya bahwa Sidang istimewa ini dapat menyusun suatu visi mengenai arah masa depan AIPA, serta rencana pengembangannya,” tutup politisi asal dapil Jawa Barat itu.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.