Sukses

Sidang AIPA Komit Tindak Tegas Kejahatan Satwa Liar

Liputan6.com, Jakarta Sidang AIPA Caucus ke-9 yang berlangsung pada Rabu, (19/07/2017) membahas sejumlah topik diantaranya upaya tindak tegas negara terhadap kejahatan manusia terhadap satwa liar. Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Syaifullah Tamliha mengatakan pertemuan ini sangat penting guna mendiskusikan isu satwa liar di masing-masing negara.

“Pertemun ini amat penting dalam rangka mendiskusikan peran dan dukungan anggota parlemen di lingkup negara ASEAN. Pertemuan ini adalah juga bagian dari pelaksanaan kerja sama yg telah dilakukan bersama,” ujar Syaifullah.

Isu tentang kejahatan manusia terhadap satwa liar menjadi pembahasan serius di tiap negara sehingga membutuhkan kerjasama diantara negara ASEAN untuk sama-sama memiliki komitmen untuk menindak tegas terhadap kejahatan satwa liar.

Dalam forum ini, lanjut Syaifullah, didiskusikan beberapa strategi yang ditawarkan dalam memberantas kejahatan terhadap satwa, mengingat seringkali ditemukan banyak satwa yang mengalami kematian yang tidak saja diakibatkan oleh faktor alam, namun juga disebabkan oleh ulah manusia.

Sinkronisasi pendapat antar negara sangat diperlukan dalam upaya bersama dalam mendukung sikap tegas terhadap kejahatan satwa liar. “Melalui inisiatif ini saya percaya kita bisa secara teratur memberikan keterangan terbaru dan mengkaji implementasi strategi yang mendukung pemberantasan tindak kejahatan terkait satwa liar,” tegas politisi PPP ini.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Tujuh Prinsip RUU Perlindungan TKI Disepakati DPR dan Pemerintah
Artikel Selanjutnya
AIPA Caucus Diharapkan Mampu Beri Solusi Konflik Negara ASEAN