Sukses

Penyelamatan Dramatis Paus Bungkuk yang Terjerat Tali Jangkar

Butuh delapan jam bagi tim yang terdiri dari akademisi, dokter hewan laut, dan pasukan penjaga pantai AS untuk memotong jaring nelayan.

Liputan6.com, California - Seekor ikan paus bungkuk yang terjerat jangkar pancing hingga tertarik ke dasar laut berhasil dibebaskan oleh tim penyelamat di California, Amerika Serikat, Selasa, 18 Juli 2017 kemarin. Berita ini mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Kamis (20/7/2017).

Butuh sekitar delapan jam bagi tim yang terdiri dari akademisi, nelayan, dokter hewan laut, dan pasukan penjaga pantai AS untuk memotong jaring nelayan, 6 pelampung, dan tali jangkar yang melilit ikan paus ini.

Setelah bebas, hewan mamalia ini berenang mengelilingi para penolongnya satu kali, sebelum berenang menjauh. Ini ketujuh kalinya kejadian serupa terjadi tahun ini di Pantai Barat Amerika Serikat. Penyebabnya diduga karena ulah beberapa kapal udang.

Sementara itu, sebuah tanggul di pinggir sungai di Kota Yanan, Provinsi Shanxy, China tiba-tiba ambrol, pada Rabu, 19 Juli 2017 waktu setempat. Akibatnya tujuh mobil yang tengah berada di dekatnya nyaris terjun ke dalam sungai.

Tak ada korban dalam peristiwa ini, karena semua mobil dalam keadaan kosong. Diduga ambrolnya tanggul disebabkan derasnya guyuran hujan yang terus menerus dalam dua hari terakhir.

Beralih ke Arab Saudi. Sempat viral di media sosial karena memakai rok pendek, seorang perempuan Arab Saudi yang sempat ditahan, kini telah dibebaskan.

Perempuan ini sebelumnya ditangkap polisi karena dalam video ia terlihat menggunakan pakaian yang dianggap tak sopan dan melanggar cara berpakaian di Arab Saudi. Saat itu dia tengah berada di sebuah desa bersejarah di sebelah utara ibu kota Arab Saudi.

Saksikan selengkapnya video penyelamatan paus bungkuk yang terjerat jangkar nelayan di bawah ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.