Sukses

Tifatul PKS: Setya Novanto Tersangka, Situasi DPR Genting

Meskipun kepemimpinan di DPR kolektif kolegial, Tifatul berharap kursi ketua DPR tidak kosong setelah Setya Novanto tersangka.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Syuro PKS, Tifatul Sembiring, menilai status tersangka Ketua DPR Setya Novanto sebagai hal yang genting. Ia juga mengharapkan DPR memikirkan posisi Ketua DPR.

"Kalau menurut saya ini yang genting, DPR ini harus ada posisi yang jelas, harus segera fraksi-fraksi berkumpul, pemimpin DPR harus berkumpul memutuskan hal ini," ujar Tifatul di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu, 19 Juli 2017.

Meski kepemimpinan di DPR secara kolegial atau bersama-sama, ia berharap agar kursi ketua parlemen tidak kosong setelah Setya Novanto tersangka. Sebab, status tersangka Setya Novanto turut mencoreng muka DPR.

Mengenai pergantian Setya Novanto dari kursi Ketua DPR, Tifatul menyebut semua ada mekanismenya, terutama dalam Undang-undang tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3).

"Tapi menurut saya definitif ketua supaya tak jadi pertanyaan di masyarakat juga, di publik. Menurut saya perlu diputuskan segera (Setya Novanto). Jadi itu kita proses secara hukum dan mekanisme yang berlaku di DPR terutama UU MD3 apakah itu harus diganti segera, dan sebagainya," jelas Tifatul.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.