Sukses

KPK Bakal Jerat Anggota DPR Lain dalam Korupsi E-KTP?

Agus mengatakan penyidik masih mencari alat bukti lainnya untuk menjerat pihak-pihak yang turut menikmati uang haram dari proyek e-KTP.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan akan menjerat para penghuni Senayan lainnya dalam kasus korupsi proyek e-KTP. Dia mengatakan alat bukti untuk menjerat anggota dewan tersebut ada dalam surat dakwaan milik terdakwa Irman dan Sugiharto.

"(Tersangka baru) itu tidak menutup kemungkinan, karena seperti yang anda saksikan di dakwaan pertama itu cukup banyak," ujar Agus di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017).

Kendati begitu, Agus mengatakan penyidik masih mencari alat bukti lainnya untuk menjerat pihak-pihak yang turut menikmati uang haram dari proyek bancakan tersebut.

"Kita tunggu hasil pemeriksaan yang baru. Kita tunggu juga proses di persidangan, itu menjadi bahan kita untuk meneruskan langkah," jelas Agus.

Dalam surat dakwaan milik Irman dan Sugiharto disebut sejumlah anggota DPR yang menikmati aliran dana e-KTP. Mereka adalah, Marzuki Alie, Arief Wibowo, Chaeruman Harahap, Ganjar Pranowo, Agun Gunandjar Sudarsa, Mustoko Weni, Teguh Juwarno, Olly Dondokambey, Yasonna Laoly, Tamsil Linrung, Minwar Amir, dan lain-lain. Namun semuanya telah membantah terlibat dalam kasus korupsi e-KTP.

Adapun tersangka keempat dalam kasus ini adalah Setya Novanto. Novanto memiliki peran penting dalam mengatur proyek Rp 5,9 triliun tersebut. Penyidik menduga Novanto dan Andi Agustinus alias Andi Narogong bersama-sama mengatur proyek e-KTP sejak awal.

Atas perbutannya, Setya Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.