Sukses

Jokowi Ungkap 3 Kunci Menangkan Persaingan

Jokowi meminta pemerintah daerah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah daerah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Jokowi memberikan tiga kunci utama untuk memenangkan persaingan.

"Kalau kita ingin memenangkan persaingan, negara atau daerah harus punya tiga hal yang sangat penting. Inovasi dalam segala hal, kreativitas yang terus-menerus. Ini yang harus disiapkan daerah, dan entrepreneurship," kata Jokowi saat membuka APKASI Otonomi Expo 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Jokowi menyatakan, dulu memenangkan kompetisi cukup dengan efisien dan produktif. Namun sekarang, dunia terus berubah dan kedua faktor itu tidak cukup lagi untuk mempertahankan sebuah negara atau daerah memenangkan persaingan.

"Setiap saya bertemu dengan presiden, dengan raja, dengan perdana menteri dalam setiap forum internasional, saya melihat perubahan itu cepat sekali. Sangat cepat sekali. Inilah yang harus kita antisipasi," imbuh dia.

Kemajuan teknologi tidak hanya mengubah pola hidup sebuah negara. Perubahan ini juga akan berpengaruh besar pada cara pandang ekonomi dan politik sebuah negara. Untuk itu, setiap daerah harus memulai mengantisipasi segala perubahan itu.

"Saya tidak ingin Indonesia ditinggal. Kita ingin negara kita kalau bisa mendahului negara-negara yang lain. Oleh sebab itu, daerah harus menyiapkan inkubator-inkubator kecil-kecil untuk menyongsong ini. Percaya saya, ini sudah tidak bisa dibendung. Ini akan datang," pungkas Jokowi.



Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.