Sukses

Jokowi Tegur Para Bupati karena Hanya Diam Dengar Penjelasan

Para bupati yang hadir terlihat diam saja mendengarkan pemaparan Presiden. Kondisi ini mengusik Jokowi untuk menegur mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2017. Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan berbagai perubahan yang terjadi di dunia dengan membeberkan beberapa kemajuan teknologi.

Menurut Presiden, tujuan dia memaparkan semua itu agar pemerintah daerah bisa mencermati bahkan mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia.

Namun, para bupati yang hadir terlihat diam saja mendengarkan pemaparan Presiden. Kondisi ini mengusik Jokowi untuk menegur anggota APKASI itu.

"Saudara-saudara ini diam, membayangkan perubahan atau diam bingung apa yang harus dilakukan?" ujar Jokowi di Ruang Cenderawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ruang Cenderawasih hening sejenak. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan pidato dengan memberikan pesan kepada para bupati.

Jokowi ingin para bupati hingga kepala dinas tidak terjebak dengan rutinitas kegiatan yang monoton dan linier. Mereka harus melakukan inovasi dan terobosan tidak tertinggal dengan negara lain.

"Sekali lagi, ini diam, diamnya apa?" tanya Jokowi kepada para bupati.

Namun, tetap tak ada tanggapan dari para bupati yang hadir. Jokowi pun melanjutkan penjelasannya.

Pria bertubuh kurus itu ingin hasil dari rakernas dan pameran yang dilakukan di Jakarta bermanfaat di daerah. Semua hal untuk mengejar ketertinggalan Indonesia. Tinggal kemauan dari semua pihak yang bisa mewujudkan itu semua.

"Ini yang harus kita ubah," ucap Presiden Jokowi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.