Sukses

Jokowi: Daerah Keluarkan 'Tenaga Dalam' agar Negara Lebih Baik

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki modal besar dalam menghadapi perkembangan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau para kepala daerah mulai mempersiapkan diri dan menyesuaikan perubahan yang terjadi di dunia.

Menurut Jokowi, daerah juga harus membuat kebijakan yang dapat membawa perubahan lebih baik untuk wilayah mereka masing-masing.

"Semuanya betul-betul mengeluarkan 'tenaga dalam' untuk perubahan-perubahan, agar negara kita ini lebih baik," kata Jokowi kepada para bupati saat membuka Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki modal besar dalam menghadapi perkembangan dunia. Di antaranya SDM, sumber daya alam, dan berbagai macam potensi. Di sisi lain, kelengkapan sumber daya itu pula yang membuat Indonesia seakan terlena.

"Oleh sebab itu, tiap-tiap daerah harus membangkitkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing. Kalau kerja itu fokus saja, jangan semuanya dikerjain. Sudah gaya lama," kata dia.

Biasanya, menurut Jokowi, ketika mendapat tambahan anggaran dari pusat, pemerintah daerah membagi rata ke seluruh dinas. Pemerintah daerah harus sudah fokus membangun satu atau dua keunggulannya, sehingga memiliki identitas tertentu.

"Jangan sekali lagi dibagi-bagi, sudah kuno banget itu. Tepuk tangan berarti setuju. Karena memang kita ini harus berubah. Sekali lagi jangan rutinitas, jangan monoton, jangan linear," Jokowi menandaskan.

 

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.