Sukses

Pansus KPK Tidak Ganggu Kinerja DPR

"Kita tentu akan membahas ini tentunya bersama Pak Novanto dan dalam rapim akan diputuskan menghadapi situasi ini," Ujar Fahri.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengaku prihatin, karena ini menjadi sesuatu yang mendadak di waktu malam dengan diawali pernyataan bahwa, KPK tidak akan mengecewakan rakyat. "Keprihatinan ini justru pada kinerja KPK," kata Fahri di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurut Fahri, pimpinan DPR akan segera menggelar rapat. "Kita tentu akan membahas ini tentunya bersama pak Novanto dan dalam rapim akan diputuskan menghadapi situasi ini dan tentunya kita akan membaca kembali ketentuan-ketentuan dalam UU MD3 dan tatib terkait apa yang akan dilakukan kedepan," paparnya.

Yang penting, lanjut Fahri, fungsi dewan tidak boleh berhenti karena kepemimpinan DPR kolektif kolegial sehingga jangan sampai mengganggu satu fungsi.

"Memang selama ini sejak pak Nov (Sapaan Novanto) diganggu secara otomatis tugas-tugas Pak Nov didelegasikan kepada pimpinan DPR lainnya, fungsi internalnya mewawakili pertemuan-pertemuan dengan rapat-rapat kenegaraan dan tanda tangan peresmian, dan fungsi DPR nyaris tidak terganggu sama sekali," tandasnya.

Fahri menduga kasusnya novanto seperti kasusnya Nunun dan Miranda. Dimana ceritanya sudah cukup lama dengan tidak menonjolkan dua alat bukti.

"Kadang saya juga bertanya dengan Pak Nov, apakah ada bukti baru yang kemudian dikatakan tidak ada sesuatu yang baru, hanya pada peryataan-pernyataan dari hasil pernyataan persidangan yg sifat-sifatnya peristiwa pertemuan-pertemuan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Fahri Hamzah menyatakan bahwa Pansus angket akan terus bekerja. "penyelidikan kepada KPK melalui Pansus angket terus dilakukan dan sebagian temuan Sudah ada", tegas Fahri.

Sebagaimana diketahui bahwa KPK menetapkan ketua DPR sebagai tersangka setelah pemeriksaan dilakukan Jumat pekan lalu. KOK sempat menyatakan bahwa "KPK tidak akan mengecewakan Publik dalam menetapkan tersangka EKTP", tegas wakil ketua KPK Saut Situmorang Jumat 14/7/2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.