Sukses

Kemeriahan Kontes Sapi Cantik di Rusia

Para pemilik sapi berikan makanan khusus agar sapi tampil cantik.

Liputan6.com, Rusia - Sapi di Rusia tak hanya dijadikan sumber daging dan susu segar, namun juga diperlombakan penampilannya dalam kontes sapi cantik.
 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (18/7/2017), kemeriahan kontes unik terlihat di Desa Slapinets di Nihzhny Novgorod. Sejumlah peternak sibuk mempersiapkan sapi mereka untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut.
 
Kontes ini mirip lomba kecantikan untuk manusia. Proses persiapan dan penilaian dalam kontes sapi cantik ini relatif lama. Pasalnya, sapi peserta harus mendapat perlakuan dan makanan khusus sebelum didandani atau dihias agar menarik perhatian para juri. Para pemilik memberi sapinya makanan khusus agar tampil cantik dan rapi, berkilau.
 
Menurut juri, ada sejumlah kriteria yang menentukan sapi mana yang cantik. Bentuk tubuh yang seimbang adalah kualitas terpenting. Namun, kesan pertama peserta saat tampil juga menentukan.
 
Elemen lainnya adalah bagaimana cara sapi ini diambil produk susunya.
 
Tiga ekor sapi kemudian terpilih jadi pemenang. Peeternak sapi mengatakan kontes ini bukan hanya mengenai kemenangan, melainkan untuk memberi kesempatan anak-anak bertemu dengan sapi sungguhan dan mengingatkan orang akan nikmatnya susu sapi segar.