Sukses

Menko Puan Resmikan Jaringan Irigasi Air Tanah di Klaten

Liputan6.com, Klaten - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meresmikan Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) di Desa Joho, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin 17 Juli 2017.

JIAT ini dibuat untuk mempermudah warga sekitar mendapatkan air bersih meski pada saat musim kering.

Puanberharap, dari pembangunan JIAT ini masyarakat sekitar yang mayoritas petani bisa menghasilkan palawija terbaik.

"Sepanjang perjalanan menuju ke sini saya melihat lombok (cabai) gendut-gendut. Pompa air ini harus sangat bermanfaat, saya berharap ke depannya digunakan dengan sebaik-baiknya," ujar Menko Puan di Klaten, Jawa Tengah.

Puan berharap para petani tak hanya menerima pemberian dari pemerintah pusat tersebut, melainkan bisa menjaga dengan baik sumber air yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kelompok tani harus bisa gotong royong menjaganya bersama-sama," kata dia.

Selain meresmikan JIAT di Desa Joho, Puan Maharani juga meresmikan sistem pemanfaatan air tanah untuk irigasi ini yang sudah dibangun di lima lokasi lainnya di Jawa Tengah.

"Dari enam lokasi, bisa menghasilkan 120 liter per detik untuk 145 hektare. Pengeboran ini dibangun dari 2015-2016. Kedalaman pengeboran sampai 135 meter dan dikelola oleh sekelompok warga tani," kata Dirjen Kementerian PUPR, Imam Santoso, di lokasi yang sama.

 

Saksikan video di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Pedagang Ikan Asin Sepi Pembeli Akibat Garam Mahal
Artikel Selanjutnya
Kurangi Porsi Garam, Perajin Ikan Kering Gagal Produksi