Sukses

Kementerian PPPA Rayakan Hari Anak Nasional di Pekanbaru

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) berencana akan menyelenggarakan peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2017 di Pekanbaru, Riau.

Menteri PPPA Yohana Yambise mengatakan penyelenggaraan tersebut bertemakan "Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga". Kata dia, keluarga merupakan lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

"Sebab anak-anak kurang dari 18 tahun akan mengikuti dan mencontoh orangtua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku. Sehingga baik buruknya keluarga cerminan masa depan anak," ucap Yohana di Kantor Kementerian PPPA, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2017).

Menurut Yohana, peringatan kali ini sangat relevan akan kondisi yang tengah terjadi di masyarakat. Kata dia, saat ini anak tidak hanya menjadi korban, tetapi tak jarang mereka menjadi pelaku kejahatan.

"Sehingga keluarga memiliki peran penting dalam pembangunan anak yang mengacu pada konvensi hak anak, yaitu nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak hidup, kelangsungan hidup, dan perkembangan, serta menghargai pandangan anak," ujar dia.

Tak hanya itu, kata dia, pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan juga akan ada penghargaan untuk 126 kabupaten atau kota layak anak.

"Penghargaan juga diberikan kepada 10 provinsi yang mampu menggerakkan kabupaten atau kota layak anak," jelas Yohana.

Ketua Hari Anak Nasional 2017, Lenny Rosalin, mengatakan kegiatan tersebut akan dihadiri lebih dari lima ribu anak Indonesia yang mewakili 34 provinsi.

"Agenda penting Hari Anak Nasional 2017 ini adalah pembacaan suara anak Indonesia yang diwakili oleh anak-anak dalam forum anak nasional," kata Lenny.


Saksikan video di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Ketika Jokowi dan Iriana Pukau Anak-Anak di Pekanbaru
Artikel Selanjutnya
Jokowi dan Iriana Kompak Hibur Anak-Anak di Pekanbaru