Sukses

Tradisi Rebutan Bangku Hari Pertama Sekolah di Berbagai Daerah

Liputan6.com, Klaten Hari pertama sekolah selalu ada pemandangan lucu yang terjadi. Salah satunya orang tua dan siswa yang berebut bangku di kelas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (17/7/2017), sejumlah siswa SD Negeri 2 Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah, sudah berdatangan ke sekolah dan antre di depan kelas yang masih terkunci.

Saat pintu dibuka, siswa dan orangtua langsung merangsek masuk ke ruang kelas berebut untuk mendapatkan bangku di posisi terdepan. Namun, ada saja yang sudah berangkat lebih awal tetap mendapatkan bangku di deretan belakang.

Para orangtua dan siswa berlarian meski minim penerangan di salah satu sekolah di Brebes, Jawa Tengah, agar sang anak mendapat bangku paling depan. Tak lupa mereka memberikan tanda agar bangku tak direbut siswa lain dengan meninggalkan tas di atas bangku atau menuliskan nama di bangku masing-masing.

Berebut bangku di hari pertama sekolah juga jadi tradisi di Indramayu, Jawa Barat. Agar tidak diambil siswa lain, sejumlah orangtua siswa SD Negeri 2 Lemah Mekar, Indramayu, nekat mengikat tas anaknya di bangku yang dipilih, bahkan tas ini diikat sejak hari Minggu, 16 Juli 2017 saat berlangsungnya kegiatan membersihkan sekolah.

Berebut kursi paling depan dipercayai sebagian orangtua maupun siswa akan mempengaruhi semangat belajar siswa demi meraih prestasi yang terbaik. *