Sukses

Anies Baswedan Sebut Ketimpangan di Indonesia Melebar

Menurut Anies Baswedan, hal tersebut karena kebijakan yang diambil pemerintah kurang tepat dalam menangani berbagai bidang.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengatakan, saat ini tengah terjadi pelebaran ketimpangan di Indonesia. Menurut dia, hal tersebut karena kebijakan yang diambil pemerintah kurang tepat dalam menangani berbagai bidang.

"Di Indonesia ketimpangannya melebar, yang sama hampir terjadi di seluruh negara di dunia. Ketimpangan antarnegara menipis, tapi ketimpangan dalam negeri, melebar. Efeknya kemudian kebijakan yang dihasilkan bukan kebijakan yang menghasilkan keadilan," kata Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (16/7/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berujar, seharusnya pemerintah melakukan kebijakan-kebijakan jangka pendek maupun jangka panjang bukan yang memperlebar ketimpangan.

Namun yang terjadi, menurut Anies, adalah terletak pada pengambil kebijakan yang salah dalam memutuskan.

"Salah satu problem utamanya adalah para pengambil kebijakan gagal membebaskan diri karena kepentingan jangka pendek dan kecil untuk sebuah keputusan jangka panjang. Tapi (seharusnya) kebijakan yang (diambil) mengakomodasi kepentingan," ujar dia.

Untuk itu, Anies harap pemerintah bisa melahirkan solusi untuk mempersempit ketimpangan itu, yakni dengan melihat kepentingan bersama.

"Tetapi ketika kita melihat dari kepentingan semuanya, termasuk kepentingan kita bukan hanya kepentingan orang lain," ucap Anies Baswedan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.