Sukses

Pria Bandung Kembangkan Teknologi Komunikasi Sinyal 4G dan 5G di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan teknologi sinyal selular  berkembang sangat pesat salah satunya penggunaan sinyal selular berbasis  3G, 4G, dan 5G, yang menandakan semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dengan cepat.
 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (16/7/2017), Basuki Endah Priyanto, anak bungsu dari empat bersaudara yang membawa nama Indonesia semakin dikenal di mancanegara.
 
Pria kelahiran Bandung  41 tahun lalu kini ikut  terlibat  dalam pembentukan  dan pengembangan  teknologi seluler 4G dan 5G di Badan Standarisasi Dunia. Dirinya merupakan satu-satunya warga negara Indonesia yang bekerja di salah satu perusahaan selular terkemuka  di Eropa.
 
Kini Basuki memiliki lebih dari 50 hak paten teknologi berbasis telekomunikasi selular 4G dan 5G, salah satunya adalah algoritma dalam heteregenous networks untuk teknologi telepon genggam generasi ke-empat atau 4G  Ia mendesain algoritma agar telepon pintar mudah menerima sinyal meski mengalami banyak gangguan.
 
Meski sukses berkarir di negeri orang, Basuki tetap berkontribusi untuk Indonesia.  Saat ini  dirinya berkarir sebagai Master Engineer Connectivity Research  di Sony Mobile Comunication  di Lund Swedia dan juga sebagai  VP Comunications di Diaspora Indonesia.