Sukses

Seni Musik Bali Ramaikan Pentas Budaya Eksotika Bromo

Tak hanya kesenian khas Jawa Timur, seni musik Bali juga turut meramaikan pentas budaya nusantara "Eksotika Bromo".

Fokus, Probolinggo - Di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur digelar pentas budaya nusantara bertajuk "Eksotika Bromo", yang digelar kelompok sadar wisata masyarakat Tengger. Pentas yang digelar sejak Jumat, 7 Juli hingga Minggu, 9 Juli 2017 ini menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Minggu (9/7/2017), salah satu pentas seni yang dipertunjukkan adalah Tarian Bantengan asal Malang, Jawa Timur. Dalam tarian tersebut ditampilkan dua kelompok, yakni penari jaranan dan bantengan, yang terus berlari hingga mendekati penonton.

Pentas budaya dilanjutkan dengan Tari Jaranan Slining asal Lumajang, yang mengenakan busana warna warni. Sementara dari Bali, ditampilkan seni Cegok Suar, yakni kesenian dengan menggunakan alat musik tabuh. Ritme yang harmonis membuat suasana bertambah semarak.

Tingginya minat wisatawan untuk menyaksikan pentas seni tersebut mengundang kepedulian pemerintah untuk terus menggelarnya setiap tahun. Sesuai rencana, pentas budaya nusantara akan dilanjutkan pada malam hari, saat warga Suku Tengger bersiap menggelar ritual Yadnya Kasada.