Sukses

Teroris Bandung Belajar Membuat Bom Panci dari Internet

Polisi tengah memeriksa perakit dan pemilik bom panci tersebut berinisial AW.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bom panci meledak di sebuah rumah kontrakan di Buah Batu, Bandung, Jawa Barat. Polisi tengah memeriksa perakit dan pemilik bom tersebut berinisial AW.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan tersangka merakit bom sudah sejak sebulan lalu.

"Kepada petugas, tersangka merakit bom sejak 1 Juni 2017," ujar Yusri ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

Menurut dia, pelaku mempelajari tentang pembuatan bom panci dari internet.

Bom panci tersebut akan digunakan untuk melakukan teror di sejumlah tempat. Salah satunya di sebuah kafe di Braga, Bandung.

"Tersangka membuat rencana akan meledakkan bom di kafe di Jalan Braga, sebuah rumah makan di Astana Anyar, dan gereja di Buah Batu," kata Yusri.

AW, lanjut dia, berencana meledakkan bom panci yang berisi paku pada Jumat 16 Juli 2017 di Braga. Peledakan itu akan dilakukan pada malam hari.

Dia berencana berangkat ke lokasi menggunakan angkutan kota. Bomnya akan dibawa menggunakan tas ransel. Bom panci tersebut akan diletakkan di tong sampah sekitar kafe dengan alat pemicu menggunakan benang yang dibentangkan.

"Tujuannya, apabila benang tersebut tersandung kaki, bom tersebut akan meledak," kata Yusri.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.