Sukses

JK: Kekuatan Indonesia karena Keberagaman

JK menilai, meski Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, dan kebudayaan yang berbeda namun tetap bersatu memperjuangkan NKRI.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menilai kekuatan yang dimiliki bangsa Indonesia justru karena ada perbedaan dan keragaman dalam Bhinneka Tunggal Ika.

"Kekuatan bangsa ini justru karena perbedaannya. Kita melihat bagaimana keragaman itu menjadi indah dan menguatkan bangsa ini," kata Wapres saat menghadiri Pesta Bolon Simbolon 2017 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

JK mengatakan, meski Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, adat istiadat, dan kebudayaan yang berbeda, namun tetap bersatu memperjuangkan NKRI.

"Coba bayangkan kalau negeri ini pecah belah, orang Batak ke Jawa harus pakai paspor, orang Sulawesi mau ke Jawa juga harus pakai paspor untuk mengunjungi satu sama lain," ucap JK.

Menurut JK, acara Pesta Horja Adat Batak yang merupakan prosesi ritual adat kebesaran masyarakat Batak sejak zaman dahulu membuktikan beragamnya suku-suku, kebiasaan dan adat istiadat di Tanah Air.

"Di sini kita berada di keluarga suku Batak yang dinamis dan kadang-kadang meledak-meledak yang kalau berbicara terus terang juga perantau. Kita juga punya suku Padang yang selalu indah dalam berbahasa santun dengan segala kearifannya," ucap JK. 

Menurut JK, perbedaan karakteristik suku-suku di Tanah Air itulah yang juga menjadi kekuatan bangsa dan bersama-sama berjuang membangun

Dalam acara Pesta Bolon Simbolon itu, Wapres JK disambut upacara adat Batak yang diakhiri dengan disampirkannya ulos ke punggung JK.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.