Sukses

Kunjungi Presiden Erdogan, Jokowi Bikin Vlog dari Turki

Di sela-sela pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jokowi menyempatkan membuat video blog atau vlog.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki. Di sela-sela pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jokowi menyempatkan membuat video blog atau vlog.

Vlog tersebut diawali dengan tampilan beberapa foto kegiatan Jokowi bersama Erdogan. Keduanya begitu dekat dan tertawa bersama sambil berjalan menuju Istana Kepresidenan Turki diiringi lagu "Indonesia Raya".

Dalam video berdurasi 3 menit 20 detik itu, Jokowi mengajak Erdogan memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia. Salah satu sudut ruang terbuka Istana Turki menjadi tempat keduanya berbincang.

"Saat ini saya dengan Presiden Erdogan di Turki dan beliau ingin memberikan pesan kepada kita semua," ujar Jokowi dalam vlog yang diunggahnya pada Jumat (7/7/2017).

Dalam pesannya, Erdogan mengungkapkan bahwa rakyat Turki sangat mencintai bangsa Indonesia.

"Khususnya saat ini saya bersama saudaraku Pak Widodo mengirimkan salam dari lubuk hati terdalam dari warga Turki kepada warga Indonesia. Kami orang Turki sangat mencintai warga Indonesia dan saya percaya bahwa solidaritas antara Turki-Indonesia ke depannya akan menjadi teladan dan contoh bagi dunia," kata Erdogan.

Jokowi kemudian menjelaskan alasan dirinya menyempatkan diri membuat vlog saat bertemu dengan Erdogan. Rupanya mantan Gubernur DKI Jakarta itu tahu bahwa banyak masyarakat Indonesia yang mengagumi Erdogan.

"Saya tahu bahwa beliau banyak pengagum di Indonesia. Oleh sebab itu, di setiap konferensi internasional saya dan beliau selalu berdiskusi dan kita berdua sangat dekat sekali, sangat dekat sekali," ucap Jokowi.

Percakapan itu direkam sendiri oleh Jokowi. Dia menggunakan ponsel hitam di tangan kanannya untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan Erdogan.

Perbincangan keduanya lalu dilanjutkan di dalam Istana. Setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah delegasi Indonesia dan Turki, Jokowi kembali melanjutkan vlog-nya.

"Ya, saya sangat senang sekali dengan Presiden Erdogan. Kami memiliki hubungan yang sangat personal sehingga setiap masalah-masalah yang ada, baik di Timur Tengah maupun dunia, selalu saya telepon dengan Presiden Erdogan. Yang Mulia sangat peduli sekali terhadap perdamaian, terhadap kesejahteraan umat," ungkap Jokowi.

Keduanya kemudian melangkah sejenak. Baik Jokowi maupun Erdogan tak bisa menahan tawa ketika melihat wajah keduanya ada di layar ponsel. Erdogan kemudian meneruskan pesan untuk Indonesia dan dunia.

"Saat ini, seperti yang sebelumnya saya katakan, saya mengirimkan salam kasih dari lubuk hati terdalam warga Turki kepada seluruh warga Indonesia. Saya sangat mencintai pemuda Indonesia yang menyatu dengan rakyat. Persatuan, kebersamaan dan solidaritas masyarakat Indonesia juga merupakan persatuan, kebersamaan dan solidaritas bagi masyarakat Turki. Salam hangat dari Turki," Erdogan memungkasi.

"Terima kasih," tutup Jokowi.  



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.