Sukses

Warga Muslim di Bosnia Memiliki Tradisi Unik Tiap Tahunnya

Warga muslim di Bosnia Herzegonia memiliki tradisi unik yang rutin digelar setiap tahun.

Fokus, Bosnia - Warga muslim baik pria, wanita, dan anak-anak mengawali tradisi dengan berjalan kaki sejauh 7 km dari pusat kota ke pegunungan Ajvatovica yang ada di Desa Prusac, Bosnia Tengah.

Memasuki kawasan pegunungan, peserta ritual harus melalui hutan dengan jalan sempit yang ada di antara jajaran tebing. Diperlukan kewaspadaan saat melintasi jalan terjal ini karena kalau tidak hati-hati dapat tergelincir ke jurang yang berakibat kematian.

Seperti yang ditayangkan Fokus Pagi (Kamis, 6 Juli 2017), sesampainya di tepi jurang yang curam dan terjal, peserta menggelar doa yang dipimpin puluhan ulama. Lokasi prosesi doa sendiri ada di dekat mata air suci yang diperkirakan telah berusia 500 tahun. Warga muslim Bosnia meyakini di lokasi ini dahulu kala seorang ulama besar bernama Ajvaz Dedo dikabulkan doanya oleh sang pencipta. Doa tersebut adalah permintaan agar Desa Prusac yang kering diberi limpahan air untuk kesuburan.

Usai menggelar doa bersama, warga muslim kemudian menggelar sholat secara berjamaah di lapangan terbuka. Bosnia Herzegovina merupakan negara multi etnik dan agama yang berlokasi di Eropa Tenggara tepatnya di semenanjung balkan. Di negara pecahan Yugoslavia dan pernah tercabik-cabik oleh perang berkepanjangan ini, agama Islam menjadi mayoritas dengan jumlah pemeluk lebih dari 50 persen.