Sukses

Miniatur Bernuansa Mudik Lebaran di Stasiun Kereta Api

Mudik dengan segala hiruk pikuknya, merupakan tradisi unik di Indonesia saat lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Mudik dengan segala hiruk pikuknya, merupakan tradisi unik di Indonesia saat lebaran. Menggunakan berbagai macam alat transportasi berikut setumpuk barang bawaan, warga begitu antusias pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (4/7/2017), fenomena mudik ini yang dituangkan seorang Warga Jember,Jawa Timur, melalui sebuah seni kerajinan miniatur.

Suasana arus mudik lebaran. Demikianlah yang tergambar dalam diorama bernuansa staisun kereta api ini. Kisah khas pulang kampung saat hari raya tersebut digambarkan cukup detil oleh Burhanudin, warga Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur.

Satu per satu miniatur properti yang berhubungan dengan stasiun kereta api, dirangkai Burhanddin dengan saksama. Mulai dari menyiapkan desain kereta hingga properti bangunan stasiun lengkap dengan kesibukan para petugas dan calon penumpang. Sesekali pemuda berusia 25 tahun itu juga membuka-buka buku perkeretaapian sebagai bahan panduan.

Burhanudin mengaku butuh waktu sekitar 6 bulan untuk merangkai seni miniatur mudik ini, dengan menghabiskan dana sekitar 3 juta rupiah. Semua ini demi menghadirkan suasana hiruk pikuk mudik, dari sudut pandang berbeda, yakni seni kerajinan miniatur.