Sukses

Potret Menembus Batas: Kreasi Motor Tanpa Batas

Sepeda motor custom, kuda besi yang tak biasa dan lebih dari sekadar moda transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor custom, kuda besi yang tak biasa dan lebih dari sekadar moda transportasi. Ini tentang sinergi motor dan manusia. Street Demon Warriors, Japstyle dan Bratstyle Indonesia, dua komunitas motor custom di Surabaya lebur di atas aspal menyalurkan hobi bersama.

Penyatuan diri demi menepis stigma negatif, aksi ugal-ugalan di jalan raya. Buat Nano, seorang anggota komunitas, motor custom adalah ekspresi diri, yakni lepas dari arus kelaziman. Cebuah cerminan berbalut nilai estetika.

Custom berasal dari kata customize, berarti menyesuaikan dengan keinginan dan karakter yang memberi nilai lebih dari sekadar fungsi. Sama seperti pilihan hidupnya sebagai pengrajin kayu, yang dituntut liar untuk urusan berkreasi.

Untuk Nano dan kawan-kawannya di Street Demon Warriors, motor custom adalah pilihan selera yang asasi.

Sebuah simpul komunitas berbagi cerita dan informasi. Media aktualisasi diri, sebuah identitas yang dituangkan pada tunggangan kuda besi.

Mesin komponen paling vital dari sepeda motor. Proses awal pemenuhan hasrat nano yang tak kunjung puas meski telah memiliki dua koleksi motor.

Japstyle, street tracker, cafe racer, chopper, dan banyak lagi aliran dalam dunia motor custom. Penting memahami konsep dan prinsip dari setiap aliran dan gaya. Tetapi lebih penting lagi memahami karakter penunggangnya.

Saksikan Kreasi Motor Tanpa Batas selengkapnya yang ditayangkan Potret Menembus Batas, Senin (3/7/2017).