Sukses

Kemenhub Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Pelabuhan Bakauheni

Skenario pengaturan arus balik pun telah disiapkan oleh Polda Lampung.

Liputan6.com, Lampung - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Polda Lampung mengantisipasi lonjakan arus balik yang terjadi pada malam ini, Sabtu 01 Juni 2017. Skenario pengaturan arus balik pun telah disiapkan oleh Polda Lampung.

"Misalnya terjadi antrean sampai satu kilometer nanti akan ditampung di ruas tol sementara, tapi itu belum sempat digunakan, karena sampai saat ini seluruh alur kendaraan bisa ditampung dengan baik di pelabuhan," kata Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenhub Sugihardjo, dalam keterangan tertulis, Lampung, Sabtu (1/7/2017).

Di mana, arus balik pemudik dari Pulau Sumatera biasanya mengejar waktu sampai Pelabuhan Bakauheni pada sore hari dan melanjutkan perjalanan menyeberang ke Pelabuhan Merak pada malam hari.

"Pola perjalanannya sudah kelihatan, kalau kendaraan roda empat dan sepeda motor biasanya melakukan perjalanan malam hari sementara penumpang pejalan kaki itu kan pada pagi hari," terangnya.

Dari data yang diperoleh dari Posko arus Balik Bakauheni, Jumat hingga Sabtu pagi, total penumpang arus mudik yang naik dari Merak-Bakauheni sejak H-10 hingga Lebaran sebanyak 943.371 oran. Dan mereka yang telah kembali dari Bakauheni hingga hari ini sebanyak 430.124 orang atau sekitar 46 persen.

Untuk roda dua, dari total 81.402 unit yang telah kembali dari Bakauheni sebanyak 37.530 atau sekitar 46 persen. Sedangkan untuk roda empat, dari total 96.330 unit yang sudah  kembali dari Bakauheni sebanyak 48.547 atau baru 50 persen.

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.