Sukses

Dino Patti Djalal: Pidato Obama Bisa Jadi Inspirasi Bangsa

Tapi, kata Dino, yang paling menyita perhatian ketika Obama mengingatkan pentingnya menjaga toleransi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal mengapresiasi pidato Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama di acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

"Pidatonya bukan basa basi, tapi benar-benar memberikan pandangan beliau yang sejujurnya mengenai kondisi dunia," kata Dino di sela-sela acara Kongres Diaspora Indonesia, Sabtu (1/7/2017).

Ada berbagai permasalahan yang dibahas Obama dalam pidatonya. Di antaranya tentang masalah kepemudaan, pengangguran, dan perubahan iklim. Tapi, kata Dino, yang paling menyita perhatian ketika Obama mengingatkan pentingnya menjaga toleransi.

Dalam pidatonya, Obama memuji keberagaman dan toleransi di Indonesia. Menurut Obama, dilihat dari sejarah dan latar belakangnya, ada kesamaan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Terutama dalam hal keberagaman.

"Saya kira pesan (mantan) Presiden Obama itu bisa menginspirasi bangsa kita. Nilai penting bahwa kita harus bisa menjaga ke-Indonesia-an kita. Kemudian Kebinekaan, solidaritas, toleransi dan keterbukaan demokrasi harus diperjuangkan," ucap Dino.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.