Sukses

Ingatkan Pentingnya Toleransi, Anies Sanjung Pidato Obama

Anies menyampaikan masalah ketimpangan sosial dan toleransi kepada Obama. Dua hal ini, kerap menjadi permasalahan dalam bermasyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengapresiasi pidato Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama dalam acara Kongres Diaspora Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, Obama memuji keberagaman dan toleransi di Indonesia. Menurut Obama, dilihat dari sejarah dan latar belakangnya, ada kesamaan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Terutama dalam hal keberagaman.

"Berbicara dengan pak Obama, saya sampaikan apresiasi atas pidatonya," kata Anies di sela-sela acara Kongres Diaspora Indonesia, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7/2017).

Ia juga menyampaikan masalah ketimpangan sosial dan toleransi kepada Obama. Dua hal ini, kata Anies, kerap menjadi permasalahan dalam bermasyarakat.

Anies mengatakan, Obama sepakat mengentaskan masalah tersebut dengan mengedepankan rasa keadilan di tengah masyarakat.

"Iya betul, beliau (Obama) bilang itu enggak bisa sendiri sendiri. Dia bilang dua duanya harus bersamaan. Saya sempat sampaikan pada beliau, secara serius memperjuangkan untuk menghadirkan kesejajaran, kesetaraan, keseimbangan dan keadilan," terang Anies.

Sebelumnya, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama memuji keberagaman dan toleransi di Indonesia. Menurut Obama, dilihat dari sejarah dan latar belakangnya, ada kesamaan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

"Kedua negara memiliki keberagaman, menghargai hak asasi manusia (HAM), memiliki toleransi, dan pluralitas. Dan kita harus menghargai hal itu, menghargai perbedaan," kata Obama dalam pidato pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di The Hall Kasablanka, Sabtu (1/7/2017).

Obama menceritakan kunjungannya ke Yogyakarta, khususnya ke Candi Borobudur dan Prambanan, yang menurutnya menjadi bukti toleransi di Indonesia.

"Itu adalah simbol bahwa Indonesia pada dasarnya menghargai keberagaman dan toleransi," kata Obama.

 

 

 

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.